Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Pelatihan Pengelolaan Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) di Desa Linggapura

LINGGAPURA – Bertempat di Kantor Desa Linggapura Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, pada hari Selasa 15 Juni 2021 berlangsung Pelatihan Pengelolaan Aplikasi SID (Sistem Informasi Desa) yang didanai oleh Dana Desa TA 2021, kegiatan tersebut diikuti oleh dua orang Pendamping Desa, sebagian Perangkat Desa Linggapura, Kader dan KPM Desa Linggapura.

Bpk. Drs. Yayan Heryana selaku Camat Kawali hadir dalam pelatihan tersebut sekaligus memberikan sambutan dan arahan khususnya kepada operator SID supaya menjadi sarana untuk memangkas birokrasi. 

Koordinator Tenaga Ahli Kabupaten Ciamis Bpk.   sebagai pemateri dalam Pelatihan Pengelolaan Aplikasi SID memberikan penjelasan secara terperinci.

SID (Sistem Informasi Desa) adalah ikhtiar dari KEMENDES untuk bisa mempercepat profesionalitas, transparansi, dan akuntabilitas Pemerintah Desa untuk masyarakatnya. SID merupakan induk dari beberapa aplikasi seperti IDM, SDGs, Pro Deskel, dan lainnya.

Pada menu Olah Data Peritem pada IDM kita bisa memprioritaskan mana yang harus diperbaiki dari poin-poin IKE ( indek ketahanan ekonomi ) IKS (indeks ketahanan sosial ) IKL ( indeks ketahanan Lingkungan ) di Lihat dari skor yang kurang memenuhi sarat.

Kemudian pada menu Rumusan Pokok menampilkan masalah-masalah yang harus diperbaiki dan juga dapat melihat apa yang harus dilakukan untuk kedepannya, agar nilai standar dari Indikator website Indeks Desa Membangun terpenuhi. 

Pada menu ini juga kedepannya dapat digunakan untuk Musyawarah Desa dan menentukan strategi yang tepat untuk memajukan Desa.

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang Desa, Program Kerja serta tentang pembangunan yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan. Juga sebagai alat untuk mengelola Data Desa, Media Informasi dan Pelayanan Administrasi.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *