Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Sosialisasi Website Desa Linggapura – linggapura.desa.id

Kawali – Bertempat di Aula Desa Linggapura, Rabu (19/10/2022)  Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ciamis yang diwakili oleh Okky Surya Lesmana,  menghadiri sosialisasi Sistem Informasi Desa di Desa Linggapura. Kegiatan sosialisasi juga dihadiri oleh Sekmat, Ketua BPD, Kepala Desa, Babinsa, Perangkat Desa dan tamu udangan lainnya.

Menurut Okky Surya Lesmana, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang selanjutnya disingkat SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE. Pengembangan desa digital ini dapat Memberikan kemudahan bagi Pemerintah untuk memberikan pelayanan publik berbasis elektronik.

Contoh sistem pemerintahan berbasis elektronik :

  1. Penguatan Kelembagaan
  2. Penguatan NSPK & Business Process Re-engineering
  3. Penguatan Kapasitas SDM
  4. Infrastruktur Berbagi Pakai
  5. Aplikasi Berbagi Pakai

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ini juga dapat mendorong Usaha-usaha yang dimiliki warga desa dalam mempromosikan produk-produk lokalnya. Dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, juga diharapkan semua pelayanan informasi dan kependudukan akan dapat dilayani dengan mudah.

Untuk mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ini perlu adanya sarana dan prasarana yang memadai, seperti jaringan internet di desa, SDM Pengelola desa digital, serta dukungan aktif dari Pemerintah Desa, Kecamatan hingga Kabupaten.

Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi

  1. Pengembangan,pengelolaan dan pengintegrasian sistem administrasi keuangan dan aset Desa dengan aplikasi digital yang disediakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,
  2. Pengembangan, pengelolaan dan pengintegrasian sistem informasi Desa yang berbasis aplikasi digital yang disediakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi
  3. Pengembangan keterbukaan informasi pembangunan Desa berbasis aplikasi digital dan
  4. Pengadaan sarana/prasarana teknologi informasi dan komunikasi berbasis aplikasi digital.

Pada acara ini juga diperlihatkan dan dipraktekan secara langsung fitur-fitur yang ada pada wesite Desa Linggapura. Agar masyarakat Desa Linggapura yang diwakili tamu undangan mengetahui informasi apa saja yang ada di Website ini.

Adapun latar belakang dibuatnya website Desa Linggapura oleh Pemerintahan Desa Linggapura, yaitu :

  1. Adanya aplikasi pengelolaan administrasi Pemerintahan Desa (Pengelolaan data kependudukan, surat menyurat, arsip, dan pengelolaan data desa lainnya).
  2. Adanya portal web yang bisa diakses publik (masyarakat umum), dengan tujuan dapat menyediakan data, informasi, dokumenasi secara lengkap, dan mudah menemukan informasi-informasi tersebut (contoh : berita desa yang berisi informasi kegiatan desa, pengumuman-pengumuman).
  3. Adanya fasilitas yang dapat digunakan masyarakat Desa Linggapura untuk mengajukan pemohonan surat secara online.
  4. Digitalisasi Desa (Contoh : Potensi unggulan desa dapat dibagikan dengan mudah ke masyarakat luas dalam bentuk tulisan, foto maupun video).

Ditulis oleh PKL Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Negeri 1 Kawali : 

  1. Rismayanti
  2. Desti Kuswayanti
  3. Hilda Nur Azizah
  4. Elsa Munfaridah
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *