Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Pentingnya Digital Marketing dalam Pemasaran Produk UMKM

Pada tanggal 17 Juli 2022, mahasiswa KKN-T melakukan kegiatan penyuluhan terkait digital marketing. Melihat potensi yang dimiliki Desa Linggapura terkait produk-produk yang dibuat masyarakat, maka perlu adanya pengembangan terkait pemasaran melalui platform digital. Saat ini, internet menjadi penghubung antar individu sehingga pemasaran produk melalui digital marketing dirasa akan sangat membantu meningkatkan masyarakat Desa Linggapura.

Menurut Ahmad Kafaniyal Kafi selaku ketua pelaksana kegiatan ini dapat membantu pemasaran produk yang dihasilkan warga dengan dibantu oleh pihak karang taruna. “Dengan adanya sosialisasi ini kami berharap para partisipan yakni karang taruna dan pelaku UMKM dapat bersinergi serta menyerap informasi dari materi-materi yang telah diberikan. kedepannya setelah kegiatan ini kami juga berharap karang taruna dan pelaku UMKM dapat berkembang mengikuti arus digitalisasi” ujar Kafi. Kegiatan ini diisi dengan 2 materi terkait digital marketing dan pemanfaatan website desa.

kkn ipb dm 2

Materi pertama dipaparkan oleh  Ahza Zamzami mahasiswa IPB dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen.  Marketing merupakan salah satu hal yang perlu dikuasai oleh para pelaku usaha karena sangat membantu pemasaran produk. Tips dan trik untuk memulai digital marketing adalah belajar mengenai copywriting, mencari target pasar, update dengan sesuatu yang trending, membuat sosial media dan merencanakan konten yang menarik sehingga dapat menarik minat konsumen. 

ipb dg 3

Materi kedua dipaparkan oleh Bapak Dadang Hardiana mengenai “Pemanfaatan Website Sebagai Media Pemasaran Produk”. Website merupakan kumpulan web yang saling terhubung yang didalamnya terdapat file yang saling berkaitan.

Website sangat penting bagu pelaku usaha karena dapat menjangkau lebih banyak orang, meningkatkan kerdibilitas atau usaha yang sedang dijalankan, dapat beroperasi selama 24 jam non-stop, dan sangat ekonomis sehingga pelaku usaha tidak perlu terlalu banyak mengeluarkan modal.

Pelaku usaha perlu menyiapkan beberapa hal untuk mengembangkan penjualan usaha produk yaitu website, deskripsi produk dan profil usaha. Deskripsi produk perlu dibuat secara detail, jelas dan semenarik mungkin sehingga produk yang dijual dapat tergambarkan dengan jelas, selain itu keunggulan produk perlu dicantumkan sehingga menjadi nilai jual lebih di mata konsumen.

Profil usaha juga perlu dicantumkan karena dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen agar membeli produk yang ditampilkan di website. Profil perusahaan biasanya disimpan di bagian footer website atau dipisahkan pada halaman tertentu.

ipb dg 4

Beberapa cara agar konsumen dapat mengunjungi website kita yaitu dengan menentukan kata kunci yang sesuai pada Search Engine Optimization (SEO) sehingga website yang kita miliki dapat muncul pada mesin pencarian internet. Media Sosial juga dapat menjadi salah satu platform yang membantu penjualan produk.

Kita bisa membagikan konten-konten yang ada pada website kita pada akun-akun media sosial, misalkan memberitahukan adanya varian rasa baru pada fanspage facebook ataupun menyebarkan link website ke grup-grup facebook yang relevan dengan produk yang kita jual.

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan Facebook Ads atau Google Ads, platform ini dapat menjangkau segala kalangan dari berbagai usia dan latar belakang sehingga dapat lebih mudah menyebarkan informasi penjualan produk.

Agisna Riza Firmadi, Penulis.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *