Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Daftar Harga Iuran BPJS Terbaru Tahun Ini

Biaya iuran BPJS saat ini sampai nanti tahun 2024 direncanakan tidak akan mengalami kenaikan, meskipun nantinya akan ada penghapusan iuran berdasarkan kelas BPJS Kesehatan.

Saat ini pemerintah merencanakan untuk menghapus sistem kelas BPJS Kesehatan 1,2, dan 3 dan menggantinya dengan kelas rawat inap standar (KRIS).

Pemerintah memastikan penghapusan sistem kelas BPJS pada tahun 2025 nanti. Jadi untuk saat ini Daftar harga iuran BPJS Kesehatan masih mengacu pada aturan yang lama yaitu :

  • Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 adalah Rp150.000
  • Iuran BPJS Kesehatan Kelas 2: Rp100.000
  • Iuran BPJS Kesehatan Kelas 3: Rp35.000 setelah mendapat subsidi dari pemerintah sebesar Rp7.000

Semua kelas mendapatkan bentuk perawatan dan pelayanan obat yang sama, pelayanan tersebut terdiri dari konsultasi dokter, pemeriksaan penunjang seperti lab, radiologi, obat formalium nasional, dan lainnya.

Hal yang membedakan kepesertaan BPJS Kelas 1, 2, dan 3 adalah dari sisi fasilitas ruang inap saja, yaitu :

Adapun biaya BPJS Kesehatan menurut jenis pesertanya yakni sebagai berikut:

1. Peserta PBI

Untuk Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) bisa menikmati layanan dan manfaat dari BPJS Kesehatan tanpa harus membayar iuran setiap bulan, karena ditanggung spenuhnya oleh pemerintah. 

BPJS PBI ini adalah salah satu program jaminan kesehatan dari pemerintah untuk peserta BPJS yang dikategorikan tidak mampu, tidak memiliki penghasilan tetap atau kondisi lainnya yang menyebabkan tidak bisa membayar iuran secara rutin. 

Data peserta PBI ini diambil berdsarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial. 

2. Pekerja penerima upah di lembaga pemerintahan 

Pekerja penerima upah di lembaga pemerintahan dikenai biaya BPJS Kesehatan sebesar 5 persen dari gaji atau upah bulanan dengan ketentuan sebagai berikut: 

  • 4 persen dibayar oleh pemberi kerja
  • 1 persen dibayar oleh peserta.

Adapun yang termasuk dalam pekerja penerima upah di lembaga pemerintahan meliputi

  • Aparatur Sipil Negara (AS), 
  • anggota TNI, 
  • anggota Polri, 
  • pejabat negara, dan 
  • pegawai pemerintah non pegawai negeri. 

3. Pekerja penerima upah di BUMN, BUMD, dan swasta 

Bagi penerima upah, iuran BPJS Kesehatan adalah sebesar 5 persen dari gaji dengan ketentuan 4 persen dibayar oleh pemberi kerja dan 1 persen dibayar oleh karyawan. 

4. Keluarga tambahan penerima upah 

Untuk keluarga pekerja penerima upah, tarif BPJS nya sama yakni 1 persen dari gaji Pekerja Penerima Upah (PPU). 

Iuran keluarga tambahan PPU terdiri dari anak ke-4 dan seterusnya, ayah, ibu dan mertua.

5. Peserta bukan pekerja 

Untuk iuran peserta bukan pekerja adalah sebagai berikut. 

  • Iuran peserta BPJS kelas III sebesar Rp42.000 per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas III. Pemerintah tetap memberikan bantuan iuran sebesar Rp 7.000, sehingga per 1 Januari 2021, biaya BPJS kelas 3 yaitu sebesar Rp 35.000. 
  • Iuran peserta BPJS kelas 2 sebesar Rp100.000 per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas II.
  • Biaya BPJS Kesehatan kelas I sebesar Rp150.000 per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas I.

Iuran tersebut juga bagi kerabat lain dari pekerja penerima upah (seperti saudara kandung/ipar, asisten rumah tangga, dan lain-lain); peserta pekerja bukan penerima upah serta iuran peserta bukan pekerja.

6. Veteran dan perintis kemerdekaan 

Veteran dan perintis kemerdekaan berhak mendapatkan iuran jaminan kesehatan. Hal ini juga berlaku untuk janda, duda, atau anak yatim piatu dari veteran atau perintis kemerdekaan.

Besaran iuran tersebut sebesar 5% dari gaji pokok pegawai negeri sipil golongan III/a dengan masa kerja 14 tahun per bulan. Pemerintah akan menanggung pembayaran iuran tersebut.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Saya mau tanya selama ini tidak pernah menggunakan fasitas BPJS jadi iuran makin menumpuk karena tiap bulan nya tidak pernah setor walau tidak menggunakan BPJS.
    Apakah kalau mau ikut lagi harus membayar setoran sebelum nya? Atau ada keringan untuk membayar yg lalu secara cicilan? Mohon penjelasan nya

      • Namanya pelunasan kan kalau punya hutang, sementara kalau belum pernah menggunakan fasilitas BPJS berarti kan belum punya
        tanggungan.

        • Mohon infonya buat admin.saya dulu sekeluarga bpjs gratis.pas istri dapat kerja langsung di pindahin ama perusahaan ke bpjs mandiri,5 tahun berjalan istri kena phk,n saya kerja serabutan.bisa gk buat ngajuin bpjs gratis dari pemerintah lagi.

  • Mau nanya kalau mau mandiri bagaimana, soalnya mau resign dr kerjaan pengen buka usaha sendiri, itu otomatis bpjs nya pindah mandiri atau perlu proses2 dan kudu ke kantor bpjs ngurus itu ?

    • bantu jawab ya pak, sy juga dulu kerja dan sudah resign.
      caranya gampang ko pak, lewat hp saja.
      jika bapak sudah resign, dan BPJS nya sudah non aktif karna tidak dibayar lagi oleh perusahaan.
      bapak download aplikasi JKN, log in.
      lalu klik menu (perubahan data peserta)->ganti segmen peserta yg asalnya pegawai swasta jadi mandiri->lalu ikuti proses selanjutnya sampai selesai, insyaallah cuman beberapa menit aja

    • Assalamualaikum.
      Pa maap saya mo tanya apa syrat” buat bikin BPJS?
      Dan aktip ya brpa lama ti pas waktu bikin?

      • Pengalaman pribadi, dalam kondisi sangat urgent / kritis, saya antar istri ke Puskesmas. Sampaikan kondisi apa adanya, misalnya kartu bpjs nggak aktif krn (sdng tdk ada penghasilan). Petugas Puskesmas dg senang hati akan bantu proses bpjs kategory peserta tdk mampu. Tdk sampai 24 jam, kartu untuk keuarga yg ada di Kk sdh jadi. Petugas tdk minta biaya. Pelayanannya sangat ramah.

  • Dulu sy peserta bpjs. Ketenaga kerjaan sdh 1 1/2 th sy pensiun. Dan baru skrg sy mendaftar lagi bpjs / jkn.
    Apakah kepersetaan di bpjs ketenaga kerjaan dulu saldonya terkoneks dg bpjs sy skrg, no ktp nya sama dg no yg telah terdaftar dulu.

  • Admin, bpjs sy yg tak berbayar, gimana caranya pindah ke yg berbayar, dan apa kelebihannya. Trus kl misal bpjs kelas 3 masuk perawatan di RS, apa bisa di up grade ke kamar kelas 1, trimakasih

    • Iuran bpjs anak saya kelas 2 sebesar 100.000,- melalui bank bni 7-5-24 ketika saya cek di transaksi tertulis tgl 20-5-24 tertulis 200.000,- gimana ini

  • Dalam kartu keluarga saya ada 4 tapi yang menjadi tanggungan BPJS kesehatan saya ada 3 orang kelas 1 sehingga setiap bulan iuran yang saya bayar Rp. 450.000. padahal gaji saya sebagai staf khusus Bupati Minahasa Selatan hanya Rp. 4.500.000.

  • Di bulan Juni 2024 Saya melakukan pembayaran BPJS 2 kali lipat seperti bulan bulan sebelumnya, yaitu sebesar 280.000 untuk 4 Orang saya kaget, apakah ada kenaikan pembayaran BPJS tanpa pemberitahuan oleh pemerintah dulu. Dan Saya dapat pemberitahuan dari BPJS bahwa Saya belum bayar padahal Saya sudah bayar BPJS tgl 4 Juni 2024.
    Ini pemeberihuannya :

    Yth
    Bapak/Ibu Keluarga DED** SUV****.

    Kami dari BPJS Kesehatan Kantor Cabang TANGGERANG menyampaikan informasi bahwa nomor kartu JKN-KIS Keluarga 0001369365546 memiliki tagihan iuran sampai dengan Juni 2024 sebesar Rp. 280.000 (tunggakan 1 dan tagihan bulan berjalan dengan jumlah anggota keluarga 4 ).

  • Saya mau tanya kalau peserta BPJS meninggal karena sakit dan sudah mendapat perawatan di rumah sakit. Apakah iuran BPJS orang tersebut tetap harus bayar meskipun orangnya sudah meninggal

    • Bantu jwb pengalaman Bpk sy sdh meninggal hrs urus surat kematian pak nanti di KK dihilangkan dan tdk perlu lg membayar bpjs, kl tdk dilaporkan nanti di KK trs timbul namax msh tercatat blm meninggal jd ya hrs membayar

    • Pak saya mau nanya apa benar kelas untuk 17.000 sudah disediakan
      Krna saya baru tau ada bayar yang berkelas serharga 17.000 ribu
      Mohon di bantu jawaban nya ya pak

  • Saya mau tanya, saya dan suami sudah daftar lebih dulu 2 tahun lalu untuk kelas 3,seprti bisa iuran perbulan 70.000 untuk dua orang, lalu baru kemarin saya daftarin anak saya 1 orang dan sama kelas 3 ambilnya di app mobile jkn tapi setelas sukses terdaftar di haruskan bayar per 1 bulan pertam 535.000 saya kaget kok mahal sekali.. Mohon penjelasannya pak

  • maaf mau tanya, barang x ada yg faham.. suami punya bpjs tapi sudah non aktif krna ada tunggakan. dan itu saat masih lajang. saya juga punya KIS tapi sudah nonaktif juga karena sudah resign. klu mau menggunakan bpjs lagi mana yg harus di urus dulu yaa,, apa bisa yg saya dulu atau harus yg suami dulu ?? belum lagi anak saya juga tidak trdaftar dua”nya.. satu usia 4 tahun dan yg kedua usia 2 tahun. apakah akan ada tambahan biaya untuk pengurusan bpjs anak” ??

  • maaf mau tanya, barang x ada yg faham.. suami punya bpjs tapi sudah non aktif krna ada tunggakan. dan itu saat masih lajang. saya juga punya KIS tapi sudah nonaktif juga karena sudah resign. klu mau menggunakan bpjs lagi mana yg harus di urus dulu yaa,, apa bisa yg saya dulu atau harus yg suami dulu ?? belum lagi anak saya juga tidak trdaftar dua”nya.. satu usia 4 tahun dan yg kedua usia 2 tahun. apakah akan ada tambahan biaya untuk pengurusan trsebut ??

  • Kalo pensiunan ??? Katagorinya dkmana. ?
    ,koq yg di tulis cuma veteran dan perintis kemerdekaan..!!..

  • Klo utk pensiunan..? Katagorinya yg mana ?
    Soalnya yg ada utk veteran dan perintis kemerdekaan !!!

  • Saya mau bertanya kan saya bpjs mandiri dan tercover 1 keluarga. Saya pekerja swasta kantor saya membiayi bpjs kesehatan saya sendiri tapi pada saat saya melakukan pembayarn di Alfamart knpa nominalnya tidak berkurang padahal untuk pembayaran bpjs saya sudah di tanggung kantor. Jumlah anggota keluarga saya 4 maunya kan tinggal 3 orang yang saya bayar. Mohon di jawab bagi yang tau🙏🏻

  • BPJS saya ikut ke perusahaan istri, sementara anak saya ada 2 BPJSnya ikut ke KK saudara yg jumlah pesertanya ada 5 orang, pertanyaannya apakah anak saya yg 2 orang bisa saya kluarkan dari iuran BPJS saudara saya? ( mau di pisah dan bayar mandiri ) mhn penjelasannya..

  • Saya mau tanya,sekeluarga kan ada 4 orang sy ikut bpjs kelas 3,biasanya byr bpjs 140 rb per bulan tp smenjak bulan mei smpe bln juli 2024 tagihan cm 35rb,,pas cek semua msh aktif cm suami aja yg berbayar,,itu knp bisa terjadi apa ada kesalahan atw ada kebijakan baru?

  • Kenapa bisa tagihan bpjs naik menjadi RP 980.000..sya pakai kelas 3 yg hanya RP 35.000/org..Dan baru melakukan update data menasukan anak keduan ke dlm daftar.. harus nya iuran cuma RP 140.000..lah kok bisa jadi RP 980.00?????

  • Dulu ngak sengaja klik yang kelas 1 sekarang 2 taun nunggak sekitar 12 juta kalo bikin lagi bisa tidak pengen yang murah , soalnya belum pernah pakai BPJS kesehatan takut ada perlu”

  • Izin bertanya terkait anak ke 4 ASN bagaimana cara untuk bisa mendapatkan pelayanan BPJS , karena kan yang ditanggung hanya sampai anak ke 3.
    Apakah mendaftar secara mandiri hanya seorang saja bisa…??

  • Sy bekerja sebagai karyawan swasta
    Tiap bulan gaji sy di potong untuk
    BPJS ketenaga kerjaan Rp 30.251 (Bujang)
    BPJS Kesehatan Rp 30.251
    BPJS Hari tua Rp 60.502
    Pertanyaan sy apakah disini perusahaan menanggung 4% n karyawan 1% at semua karyawan yg tanggung.Mohon di jawab Admin
    Trimakasih 🙏🙏🙏

  • Sya nganggur di isi segmen pekerja sama petugas bjps, masuk kelas 3 bayar 100k perbulan.. itu bapak sya yg ditpu petugas bjps nya… gmn cara ganti nya woyyyyy? Yg jujur lah… bgsat

  • Mohon tanya untuk keluarga ( anak sudah diatas 25 th tetapi belum bekerja dan orang tua pensiunan PNS) apakah bisa di ikutkan iuran BPJS anggota keluarga..?

    Ini kami tanyakan karena Anak kami yg pertama umur 29th belum bekerja dan orang tua umur 82th sudah di lepas dari bantuan BPJS kesehatan keluarga

    Mohin jawaban bisa di kirim lewat email kami
    gradinsejahtera@gmail.com
    Terimakasih

  • Saya bingung ko bayarnya 200.000
    Klo tambah bayar sama suami jadi harus bayar 400.000
    Seperti bayar kredit ini namanya memberatkan.

error: Konten Dilindungi