Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Penyebab dan Solusi Tidak Bisa Mengisi Token Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah meluncurkan layanan listrik prabayar yang menggunakan sistem pengisian token listrik sejak tahun 2018.

Pengguna token listrik PLN terus meningkat jumlahnya. Namun, sebagian masyarakat masih belum familiar dengan prosedur pengisian token listrik ke meteran.

Apabila meteran listrik kehabisan token atau pulsa, biasanya akan mengeluarkan suara sebagai peringatan bahwa token listrik segera habis.

Pada saat pengisian token listrik, pengguna memasukkan nomor token ke meteran. Namun, jika setelah menekan tombol “Enter” muncul tulisan “Gagal”, berarti proses pengisian token tidak berhasil.

Penyebab Gagal Mengisi Token Listrik

1. Pembelian Nomor Token yang Tidak Sesuai

Ketika membeli token listrik, kesalahan memasukkan nomor meteran ID pelanggan sering terjadi. Kesalahan ini mengakibatkan kegagalan dalam pengisian ulang token.

Pastikan untuk selalu memasukkan dua puluh digit nomor token dengan benar untuk menghindari kegagalan isi ulang atau risiko meteran prabayar (MPB) terblokir akibat salah input kode token tiga kali berturut-turut.

2. kWh Meter Mengalami Pembaruan Sistem

Pembaruan sistem pada kWh meter dilakukan untuk menjaga performanya. Jika mengalami kegagalan saat mengisi token karena pembaruan sistem, segera lapor melalui aplikasi PLN Mobile. Petugas PLN akan siap membantu.

Ikuti langkah-langkah sesuai instruksi dari petugas, dan setelah pembaruan selesai, token Anda dapat langsung digunakan.

3. Muncul Tulisan “PERIKSA” pada kWh Meter

Tulisan “PERIKSA” pada kWh meter bisa disebabkan oleh kebocoran arus listrik atau gangguan pada instalasi rumah pelanggan. Sebelum mengisi token listrik, periksa kondisi instalasi listrik di rumah Anda.

Instalasi yang tidak baik atau mengalami gangguan dapat menyebabkan kegagalan pengisian ulang token dengan tulisan yang tampil “Gagal”.

Jika masalah berlanjut, segera hubungi PLN untuk pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut. Untuk menghilangkan tulisan periksa hanya dapat di perbaiki oleh pihak PLN saja.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Dilindungi