Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Berapa Hari BPJS Aktif, Setelah Daftar ?

BPJS saat ini semakin berbenah diri dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal, sehingga saat ini mulai banyak yang melirik Jaminan Kesehatan ini. Orang yang daftar BPJS ini datang dari berbagai kalangan dan berbagai alsan dari sisi keperluannya.

Ada yang memang menyadari pentingnya sebuah jaminan kesehatan, dimana kita nanti sakit tidak terlalu khawatir terkait masalah biaya. Sebaliknya ada juga yang sedang sakit, sehingga mendadak daftar BPJS Kesehatan.

Pertanyaannya berapa hari BPJS aktif setelah melakukan pendaftaran ?

Kepesertaan BPJS Kesehatan anda akan aktif ketika membayar iuran pertama setelah waktu tunggu 14 hari sejak menyelesaikan administrasi pendaftaran sebagai peserta baru.

Mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, penggunaan BPJS Kesehatan tidak bisa dilakukan secara langsung. Sesuai dengan Pasal 15 dari peraturan tersebut, BPJS Kesehatan baru dapat dimanfaatkan setelah melewati masa tunggu 14 hari sejak pendaftaran.

Sementara, untuk yang sudah terdaftar namun memiliki tunggakan iuran, maka peserta harus melunasi tunggakan tersebut untuk mengaktifkan kembali kartu BPJSnya dan menggunakan layanan BPJS Kesehatan.

Kemudian, untuk peserta penerima bantuan iuran (PBI) dari pemerintah, BPJS Kesehatan biasanya langsung aktif setelah data kepesertaan dimasukkan dan disetujui oleh BPJS. Pengecualian ini memang ditujukan untuk peserta miskin.

Cara Mengetahui BPJS Kita Sudah Aktif atau Belum

Berikut beberapa cara untuk mengecek apakah BPJS Kesehatan Anda sudah aktif:

  1. Aplikasi Mobile JKN
    Unduh aplikasi Mobile JKN di smartphone Anda, kemudian masuk dengan nomor kartu BPJS Anda. Di dalam aplikasi, Anda bisa melihat status kepesertaan Anda.
  2. Situs Resmi BPJS
    Kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan dan masuk ke akun Anda untuk mengecek status kepesertaan.
  3. Call Center BPJS
    Hubungi Call Center BPJS Kesehatan di nomor 1500-400 untuk menanyakan status aktif BPJS Anda.
  4. Kantor BPJS
    Untuk memastikan secara langsung, kunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa kartu BPJS Anda.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Dilindungi